BAB III METODOLOGI PENELITIAN - SKRPIS RANCANG BAUNGUN PERPUSTAKAAN BERBASIS WEBSITE DI SMK N 1 KABUPATEN YAHUKIMO
Headlines News :
Home » » BAB III METODOLOGI PENELITIAN

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Written By Unknown on Jumat, 29 Mei 2015 | 04.29




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1.1     Tempat dan Waktu Penelitian
3.1.2   Tempat Penelitian
Tempat penelitian dilakukan di Kabupaten Yahukimo Provinsis Papua
3.1.2      Waktu Penelitian
Waktu penelitaian dilaksanakan pada bulan Desember 2014–Maret, 2015
3.1.3          
Tabel 3.1 Jadwal Kegiatan


3.1.3          Jenis Penelitian
3.1.4           Wawancara
Metode ini digunakan untuk mendapatkan kejelasan dari data yang diperoleh melalui wawancara dilakukan melalui proses tanya jawab dengen pihak pihak terkait yakni sekolah.  wawancara adalah percakapan dengan maksud-maksud tertentu. Pada metode ini peneliti dan responden berhadapan langsung (face to face) untuk mendapatkan informasi secara lisan dengan tujuan mendapatkan data yang dapat menjelaskan permasalahan penelitian.(Lexy J Moleong 1991).
3.1.5          Studi Pustaka
            Metode ini digunakan untuk mendapatkan data-data serta teori-teori yang mendukung dalam pembuatan system informasi ini. Metode ini dilakukan dengan mencari literatur yang dapat mendukung penelitian. Literatur dari pihak terkait yang relevan dengan penelitaian. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis berdasarkan buku-buku literatur yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam pemecahan masalah yang dihadapi penulis (Wiryawan, 2008)
3.1.8   Peralatan Penelitian
Tabel 3.2 Peralatan Penelitan
Perangkat keras
-      
-     Perangkat computer/leptop
-     Printer
-     kypor


Sistem Operasi
-        
-       Windows 7
Perangkat lunak
-        
-       PHP
-       MySQL
   -    Dreamweaver CSS6
   - Microsoft Office 2013
-       HTML
-       Sublime Text 2
-       Bootstaping
-       Xampp Server
-       Adobe Photoshop CSS6
-       Google Crhome


-        


3.1.9                 Prosedur penelitian dan Pengembangan Sistem
Langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian dapat digambarkan dalam diagram alur penelitian berikut ini:

 Gambar 3.1 Diagram Alur Penelitian dan Pengembangan Sistem

1.    Perencanaan penelitian.
a.    Pemilihan materi penelitian.
b.    Identifikasi data-data penelitian, berdasarkan data sumber.
2.    Analisis permasalahan
a.    Analisa permasalahan berdasarkan data dan keadaan.
b.    Identifikasi solusi dari permasalahan.
3.    Pengumpulan kebutuhan sistem
a.    Identifikasi dan persiapan perangkat dan peralatan penunjang pengembangan system
b.    Persiapan bahasa pemograman web yang akan digunakan.
c.    Pemilihan aplikasi editor web.
d.    Penentuan Huruf, Warna, Tema yang akan digunakan
4.    Membangun prototyping
a.    Membangun tampilan berdasarkan hasil data dan analisis awal.
b.    Membuat
5.    Evaluasi prototyping
a.    Evaluasi hasil tampilan yang dibuat berdasarkan persetujuan dengan pengguna.
6.    Mengkodekan system
a.    Koding system menjadi program yang dapat di eksekusi
7.    Pengujian system
a.    Uji hasil system yang telah di buat
8.    Evaluasi system
a.    Evaluasi oleh pengguna
9.    Implementasi system (prototyping)
10.  Perawatan Sistem

3.1.10 Hasil penelitian
Penelitian tentang “perpustakaan SMK Negeri 1 kabupeten Yahukimo provinsi papua”, disajikan dalam 2 (dua), yaitu bagian pertama-hasil penelitian yang terdiri dari 3 (tiga) bagian, yakni: (1) gambaran singkat SMK Negri 1 Yahukimo
3.1.11   Analisis Kebutuhan
         . DFD
. Diagram Dekomposisi
. Diagram Dekomposisi Fungsional
Gambar 4.1 Diagram Dekomposisi Fungsional
Fungsi. DFD akan menggambarkan tentang proses dari sistem yang sedang berjalan saat ini.
3.1.1 Tabel Fungsi DFD
Admin






3.1.12 Sejarah singkat   
Sejarah singkat berdirinya SMK N.1 Yahukimo di awali dari masuknya kabupaten Yahukimo pada Tahun 2002. Pendirian kabupaten Yahukimo ditetapkan menurut Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2002, dan diresmikan pada 11 Desember 2003. Kabupaten ini merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya (wamena).
Kabupaten Yahukimo ini sebagai Daerah yang terletak di bagian timur kemudian seiring dengan bengembangan wilayah dalam kerangka Otonomi daerah, maka pada tahun 2002 wilayah ini pemekaran dari daerah kabupaten jayawijaya menjadi yahukimo. Setelah yahukimo definitif sebagai kabupaten maka di tamabah 4 (Empat) buah sekolah,
Setelah disahkan menjadi kabupaten pada tahun 2003, Almarhum Jhon Tabo dilantik sebagai karateker bupati kabupaten Yahukimo maka, Pada tahun 2004 dibuka  Sekolah Menengah Keguruan (SMK) Negeri 1 dan diresmikan oleh karateker bupati Jhon Tabo. Pada tahun 2005 Ones pahapol dipilih sebagai definitif bupati kabupaten yahukimo lalu pada tahun 2007 pengadaan perpustakaan SMKN 1 yahokimo.
Yahukimo setelah di resmikan satu buah sekolah yang duluan masuk adalah SMK N. 1 Yahukimo  selah itu penambahan ada 5 (lima)sekolah yaitu:
1.      SMK N.1 Yahukimo
2.      SMA N.1 Yahukimo
3.      SMP N.1 Yahukimo
4.      SMA YPK Yahukimo
5.      SMK N 2 Kurima
Dan laninya.
Demikianlah sejarah singkat kehadiran SMK N. 1 Yahukimo Provinsi papua, yangg di turukan informan Musa Husage, S.Pd, Matus Heselo, S.Pd kepada penulis dalam wawancara pada tanggal 19 Februari 2015 Jam 08-12-09.05 tahun 2015 diYahukimo. Para Guru yang bertukas melayani proses pembelajaran diPerpustakaan SMK N. 1 Kabupaten Yahukimo saat dilakukan penelitian sebagai mana dalam tabel beriktu.
3.1.3 Tabel. Daftar nama dan tugas guru perpustakaan smk negeri 1 Yahukimo.

3.1.13 Sumber Data:
statistik tenaga petugas perpustakan SMK N. 1 Yahukimo Hasil penelitian, Februari 2015.
Berdasarkan data dalam tabel di atas, terdapat 10 orang guru sudah termasuk kepala sekolah yang melaksankan tugas di Perpustakaan SMK N.1 Kabupaten yahukimo provinsi papua .jenjang pedidilkan para guru, sarjana (S.1) 8 (delapan) orang, tamatan SMA 2 (dua ) orang adalah guru honorer.
3.1.14  JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
 A. Layanan Perpustakaan Terbagi Dalam 3 Kategori
1. Layanan Administrasi: layanan untuk administrasi perpustakaan/staf perpustakaan dan administrasi untuk pengguna perpustakaan, jenis layanan biasanya berupa surat menyurat dan pengarsipan dokumen.
2. Layanan Pemakai: Biasanya layanan yang berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan yaitu:  Referensi, Reserve, OPAC, Internet, Multi Media dan lain sebagainya
3. Layanan Teknis: Layanan ini berupa pengadaan dan pengolahan bahan pustaka, serta menginformasikan bahan pustaka yang telah diolah, serta ketersediaan berbagai fasilitas penunjang lainnya.
A. JENIS LAYANAN ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN
1. Layanan sirkulasi
2. Layanan perpustakaan keliling
3. Layanan rujukan
4 Layanan rujukan cepat
  5. Bimbingan pemakaian sumber rujukan
  6. Layanan penelusuran literatur
 4. 7. Layanan audio visual
 8. Layanan penyediaan bahan pustaka
 9. Bimbingan membaca
 10. Bimbingan pemakai perpustakaan
 11. Layanan mendongeng kepada anak
 12. Layanan foto copy
B.  JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK PEMAKAI
A. Layanan Ruang Baca
B. Layanan Sirkulasi Bahan Pustaka
C Layanan Referensi
D. Layanan Akses Internet
E. Layanan Penelusuran Literatur
F. Layanan Pendidikan Pemakai
G. Layanan Informasi Kilat (Current Awareness Services)
H. Layanan Penyebaran Informasi Terseleksi
I. Layanan Pembuatan Paket Informasi
J. Layanan peminjaman antar perpustakaan
K. Layanan penerjemahan
 Hot Spot ini berarti menyediakan layanan internet bebas untuk suatu                                                                                   lingkungan yang terbatas.
7. Sistem Layanan Perpustakaan Ada 2 Macam, yaitu:
1. Sistem layanan tertutup dan,
2. Sistem layanan terbuka
8. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menerapkan sistem layanan terbuka atau sistem layanan tertutup
A. Pertimbangan mengenai keselamatan koleksi
B. Pertimbangan jenis koleksi dan sifat rentan koleksi. Untuk koleksi audio visual, mikro dan koleksi khusus biasanya diterapkan sistem layanan tertutup;
C. Perbandingan antara jumlah staf, jumlah koleksi, dan jumlah pemakai;
D. Luas gedung perpustakaan;
E. Perbandingan antara jam layanan dan jumlah staf perpustakaan.
9. Kelebihan dari sistem layanan tertutup adalah sebagai berikut:
A. Ajaran koleksi akan lebih terjaga kerapihannya.
B. Kemungkinan terjadinya kehilangan atau kerusakan bahan pustaka lebih kecil.
C. Ruangan yang dibutuhkan untuk jajaran koleksi tidak terlalu luas.
D. Sangat sesuai untuk koleksi yang rentan terhadap kerusakan atau bersifat khusus.Sedangkan Kelemahan dari sistem layanan tertutup, antara lain sebagai berikut: A. Pemakai hanya dapat membayangkan fisik dan isi bahan pustaka sesuai dengan keterangan yang tercantum pada katalog;
 B. Pemakai agak sulit untuk mencari alternatif lain bila dokumen yang diperlukan ternyata tidak sesuai dengan yang dibutuhkan;
 C. Diperlukan petugas layanan lebih banyak.
 D. Bila petugas terbatas, sedangkan permintaan cukup banyak maka waktu yang diperlukan pemakai untuk menunggu jadi lebih lama.
10. Kelebihan dari sistem layanan terbuka, antara lain yaitu:
 A. Pemakai bebas memilih bahan pustaka yang dibutuhkan langsung pada jajaran koleksi. B. pemakai dapat menemukan koleksi lain yang sesuai atau menarik minat langsung pada jajaran koleksi sehingga dapat meningkatkan minat baca pemakai.
C. Pemakai dapat langsung mencari alternatif lain dengan subjek yang sama pada jajaran koleksi secara cepat
D. Tidak memerlukan petugas yang banyak untuk melayani pengambilan koleksi.Sedangkan Kelemahan dari sistem layanan terbuka, antara lain sebagai berikut: A. Susunan jajaran koleksi menjadi sulit teratur;
B. Kemungkinan bahan pustaka hilang lebih tinggi.
C. Terjadi kerusakan koleksi.
1. Perencanaan proyek Proses Perencanaan Proyek Pengembangan Perpustakaan Sekolah Penyusun:Sapto Siswoyo (2015)
2. Kerangka presentasi Memahami perencanaan. Komponen perencanaan.
3. Memahami perencanaan Ingat pepatah berikut: gagal membuat rencana  berencana gagal. Perencanaan memakan waktu sekitar 60%dari keseluruhan siklus proyek. Hasil akhir perencanaan adalah bahan pembuatan proposal dukungan proyek.
4. Kegiatan perencanaan Prosesnya mirip dengan menyusun skripsi: Mengumpulkan data-data; Menganalisa data yang sudah terkumpul;  Merumuskan rencana kegiatan; Merekam hasil pemikiran, dalam bentuk:tulisan, gambar, diagram dan sejenisnya
5. Siklus rencana Digambarkan pada diagram di bawah ini:Rekam Perencanaan Analisa Data Kumpul Data Susun Kegiatan
6. Jenis data Data umum (sekunder) lokasi sekolah, misalnya: lokasi geografis, kependudukan, sosial-ekonomi, kependidikan. Data khusus (primer) sekolah target, misalnya: alamat, kontak, jumlah murid dan guru, komite sekolah, kondisi saat ini perpustakaan.
7. Sumber data Data umum (sekunder) dapat diperoleh dari Biro Pusat Statistik (BPS) setempat. Data khusus (primer) sebaiknya diperoleh langsung dari sekolah target.
8. Metode kumpul data Data umum (sekunder) lihat dari laporan BPS, baik dari buku maupun internet. Data khusus (primer) dikumpulkan dengan cara: survey, focus group discussion (FGD), wawancara, lihat laporan sekolah. FGD = diskusi kelompok dengan beberapa perwakilan dari sekolah target (misalnya guru, komite sekolah).
9. Data yang dibutuhkan Data umum dan khusus sekolah target. Kondisi perpustakaan sekolah, misalnya: ketersediaan pustakawan/wati, ruangan perpustakaan, rak buku, meja-kursi, koleksi pustaka.Para pemangku kepentingan (stakeholders), siapa saja yang terlibat dalam proyek ini?
10. Analisa data Analisa kebutuhan, apa saja yang masih dibutuhkan untuk pengembangan perpus sekolah target?  Analisa stakeholders,Siapa saja yang akan terlibat langsung? Siapa saja yang terlibat tidak langsung? Apa saja pengaruh mereka dalam pelaksanaan proyek?
11. Susun kegiatan Pertanyaan kunci: Apa saja yang harus dikerjakan supaya tujuan proyek tercapai? Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek? Bagian ini dibahas lebih lanjut dalam Log Frame dan Budgeting.
12. Rekam perencanaan Hasil dari tahap perencanaan menjadi bahan dasar penyusunan proposal. Bagian ini dibahas lebih lanjut dalam Menyusun Proposal.
13. What next???!!!  Kumpulkan data sekunder dan primerdari sekolah target. Siap-siap dengan Login Frame dan Budgeting.
3.1.14  Perencanaan sistem
Fase ini berjutuan untuk menspesifikasikan secara deltail solusi yang berbsis teknolodi kompuetr meliputi arsitektur dan konfingurangi sistem berdasarkan hasil analisis. Dalam metelogi FAST ada dan tiga tahapan perncangan yaitu perncangan arsitektur aplikasi, perancangan basis data, dan perancanagnan antar muka.
  Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa perangkat lunak utama yang dibutuhkan untuk membangun sistem ini yaitu
Macromedia Dreamweaver 4 & XAMPP.
3.1.15 Perencanaan Arsitektur 
Pada tahap ini dilakukan penggambaran secara kerja dan keterhubungan antara basis data dan prgeram dengan sistem melalui pengmbaran dalam bentuk arsrtektur perangkat lunak secara keseluruhan.
3.1.16  perencanaan Database
Database merupakan suatu tempat penyimpanan data yang diaskses secara bersama.
3.1.17 Visi Misi, Struktur dan Pagang Menu Homepage.
a. visi dan misi
VISI
Pelayanan  Perpustakaan SMK Negeri 1 Kabupaten Yahukimo  dan Arsip Sekolah menetapkan visi sebagai berikut :
“Terciptanya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas melalui  Pelayanan Sarana Refensi Buku yang bermutu“ dan “Menyelenggarakan sistem kearsipan menyimpan, merawat mengolah mengusahakan perluasan koleksi arsip dinamis dan        statis”.
Rumusan Visi diatas mengandung makna yaitu memiliki:

Memiliki buku referensi yang berkualitas.
1.         Menyediakan sarana dan prasarana buku yang memadai sesuai kebutuhan Siswa.
2.         Memiliki tenaga profesional yang berkualitas.
3.         Melaksanakan pembinaan karier sesuai tuntutan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
4.         Memiliki tenaga – tenaga pengelola dibidang kearsipan sebagai pusat konservasi.
MISI
Misi adalah situasi dan kondisi yang diwujudkan dapat dilaksanakan atau dicapai pada kurun waktu tertentu. Untuk mewujudkan Misi tersebut diatas, Perpustakaan SMK Negeri 1 Kab, Yahukimo  dan Arsip Sekolah  menetapkan Misi sebagai berikut :
1.    Menyediakan bahan pustaka
2.    Meningkatkan pelayanan ruang sirkulasi perpustakaan
3.    Menyediakan sarana dan prasarana buku bagi perpustakaan Sekolah
4.    Menyediakan sarana dan prasarana buku bagi Sekolah SMK
5.    Membuka isolasi daerah baru dan ditetapkan sebagai perpustakaan Sekolah
6.    Menata dan menyelamatkan dokumen kearsipan Sekolah.
4.1.18 Strukttur Organisasi



 4.5 Halaman struktur Organisai.
            Halaman Visi & Misi ini juga akan di tampilkan apabila user atau admin mengklik link halaman Visi & Misi, maka Visi dari Perpustakaan SMK Yhukimo, akan di tampilkan



Gambar 4.1 struktur menu homepage user.
  4.1.19 struktur Menu Homepage User
Pada gambar diatas di gambarkan untuk pembuatan website sistem informasi pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Yahukimo. Pada gambar diatas di mulai dengan penggambaran menu pertama yaitu Home.Home adalah Menu pertama yang akan ditampilkan ketiga kita membuka halaman Web Perpustakaan SMK Negeri 1 Yahukimo, yang Berisikan tentang Silahkan Login Dengan Username & password Anda home ditampilkan. Yang kedua adalah halaman Menu yang berisikan Transaks perpustakaan SMK Negeri 1 Yahukimo, pada halaman selanjutnya yaitu: Transaksi dan Data Buku pada halaman ini, agar pengunjung dapat melihat data Anggota Laporan dan serta ada pada database. ditampil untuk mengisi  Buku tamu data atau mengedit data,diharuskan admin melakukan login terlebih dahulu.







Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Comments
Comments