BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1.1
Tempat dan Waktu Penelitian
3.1.2 Tempat
Penelitian
Tempat penelitian dilakukan
di Kabupaten Yahukimo Provinsis Papua
3.1.2
Waktu Penelitian
Waktu penelitaian dilaksanakan pada bulan Desember 2014–Maret,
2015
3.1.3
Tabel 3.1
Jadwal Kegiatan
3.1.3
Jenis Penelitian
3.1.4
Wawancara
Metode ini digunakan untuk mendapatkan
kejelasan dari data yang diperoleh melalui wawancara
dilakukan melalui proses tanya jawab dengen pihak pihak
terkait yakni sekolah. wawancara adalah percakapan dengan
maksud-maksud tertentu. Pada metode ini peneliti dan responden berhadapan
langsung (face to face) untuk mendapatkan informasi secara lisan dengan tujuan
mendapatkan data yang dapat menjelaskan permasalahan penelitian.(Lexy J Moleong
1991).
3.1.5
Studi Pustaka
Metode ini digunakan untuk
mendapatkan data-data serta teori-teori yang mendukung dalam pembuatan system
informasi ini. Metode ini dilakukan dengan mencari literatur yang dapat
mendukung penelitian. Literatur dari pihak terkait yang relevan dengan
penelitaian. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis berdasarkan
buku-buku literatur yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam pemecahan
masalah yang dihadapi penulis (Wiryawan, 2008)
3.1.8 Peralatan Penelitian
Tabel
3.2 Peralatan Penelitan
Perangkat keras
|
-
|
-
Perangkat computer/leptop
- Printer
- kypor
|
Sistem
Operasi
|
-
|
- Windows
7
|
Perangkat lunak
|
-
|
- PHP
- MySQL
-
Dreamweaver CSS6
- Microsoft Office 2013
- HTML
- Sublime Text 2
- Bootstaping
- Xampp
Server
- Adobe Photoshop
CSS6
- Google Crhome
|
|
-
|
|
3.1.9 Prosedur penelitian dan
Pengembangan Sistem
Langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian dapat
digambarkan dalam diagram alur penelitian berikut ini:
Gambar 3.1 Diagram Alur
Penelitian dan Pengembangan Sistem
1.
Perencanaan
penelitian.
a.
Pemilihan
materi penelitian.
b.
Identifikasi
data-data penelitian, berdasarkan data sumber.
2.
Analisis
permasalahan
a.
Analisa
permasalahan berdasarkan data dan keadaan.
b.
Identifikasi
solusi dari permasalahan.
3.
Pengumpulan
kebutuhan sistem
a.
Identifikasi
dan persiapan perangkat dan peralatan penunjang pengembangan system
b.
Persiapan
bahasa pemograman web yang akan digunakan.
c.
Pemilihan
aplikasi editor web.
d.
Penentuan
Huruf, Warna, Tema yang akan digunakan
4.
Membangun
prototyping
a.
Membangun
tampilan berdasarkan hasil data dan analisis awal.
b.
Membuat
5.
Evaluasi
prototyping
a.
Evaluasi
hasil tampilan yang dibuat berdasarkan persetujuan dengan pengguna.
6.
Mengkodekan
system
a.
Koding
system menjadi program yang dapat di eksekusi
7.
Pengujian
system
a.
Uji
hasil system yang telah di buat
8.
Evaluasi
system
a.
Evaluasi
oleh pengguna
9.
Implementasi
system (prototyping)
10.
Perawatan
Sistem
3.1.10
Hasil penelitian
Penelitian
tentang “perpustakaan SMK Negeri 1 kabupeten Yahukimo provinsi papua”,
disajikan dalam 2 (dua), yaitu bagian pertama-hasil penelitian yang terdiri
dari 3 (tiga) bagian, yakni: (1) gambaran singkat SMK Negri 1 Yahukimo
3.1.11
Analisis Kebutuhan
. DFD
. Diagram
Dekomposisi
. Diagram Dekomposisi
Fungsional
Gambar
4.1 Diagram Dekomposisi Fungsional
Fungsi. DFD akan menggambarkan tentang proses dari sistem
yang sedang berjalan saat ini.
3.1.1 Tabel
Fungsi DFD
Admin
|
3.1.12
Sejarah singkat
Sejarah singkat berdirinya
SMK N.1 Yahukimo di awali dari masuknya kabupaten Yahukimo pada Tahun 2002. Pendirian kabupaten Yahukimo ditetapkan menurut
Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2002, dan diresmikan pada 11 Desember 2003. Kabupaten ini
merupakan kabupaten hasil pemekaran dari
Kabupaten Jayawijaya (wamena).
Kabupaten Yahukimo ini sebagai Daerah yang
terletak di bagian timur kemudian seiring dengan bengembangan wilayah dalam
kerangka Otonomi daerah, maka pada tahun 2002 wilayah ini pemekaran dari daerah
kabupaten jayawijaya menjadi yahukimo. Setelah yahukimo definitif sebagai
kabupaten maka di tamabah 4 (Empat) buah sekolah,
Setelah disahkan menjadi kabupaten pada tahun
2003, Almarhum Jhon Tabo dilantik sebagai karateker bupati kabupaten Yahukimo
maka, Pada tahun 2004 dibuka Sekolah
Menengah Keguruan (SMK) Negeri 1 dan diresmikan oleh karateker bupati Jhon
Tabo. Pada tahun 2005 Ones pahapol dipilih sebagai definitif bupati kabupaten
yahukimo lalu pada tahun 2007 pengadaan perpustakaan SMKN 1 yahokimo.
Yahukimo setelah di resmikan satu buah
sekolah yang duluan masuk adalah SMK N. 1 Yahukimo selah itu penambahan ada 5 (lima)sekolah
yaitu:
1. SMK N.1 Yahukimo
2. SMA N.1 Yahukimo
3. SMP N.1 Yahukimo
4. SMA YPK Yahukimo
5. SMK N 2 Kurima
Dan laninya.
Demikianlah sejarah singkat kehadiran SMK N.
1 Yahukimo Provinsi papua, yangg di turukan informan Musa Husage, S.Pd, Matus
Heselo, S.Pd kepada penulis dalam wawancara pada tanggal 19 Februari 2015 Jam
08-12-09.05 tahun 2015 diYahukimo. Para Guru yang bertukas melayani proses
pembelajaran diPerpustakaan SMK N. 1 Kabupaten Yahukimo saat dilakukan
penelitian sebagai mana dalam tabel beriktu.
3.1.3 Tabel. Daftar nama dan tugas guru perpustakaan smk
negeri 1 Yahukimo.
3.1.13 Sumber Data:
statistik
tenaga petugas perpustakan SMK N. 1 Yahukimo Hasil penelitian, Februari 2015.
Berdasarkan data dalam
tabel di atas, terdapat 10 orang guru sudah termasuk kepala sekolah yang
melaksankan tugas di Perpustakaan SMK N.1 Kabupaten yahukimo provinsi papua
.jenjang pedidilkan para guru, sarjana (S.1) 8 (delapan) orang, tamatan SMA 2
(dua ) orang adalah guru honorer.
3.1.14 JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
1. Layanan
Administrasi: layanan untuk administrasi perpustakaan/staf perpustakaan dan
administrasi untuk pengguna perpustakaan, jenis layanan biasanya berupa surat
menyurat dan pengarsipan dokumen.
2. Layanan Pemakai:
Biasanya layanan yang berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan yaitu: Referensi,
Reserve, OPAC, Internet, Multi Media
dan lain sebagainya
3. Layanan Teknis:
Layanan ini berupa pengadaan dan pengolahan bahan pustaka, serta
menginformasikan bahan pustaka yang telah diolah, serta ketersediaan berbagai
fasilitas penunjang lainnya.
A.
JENIS LAYANAN ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN
1. Layanan sirkulasi
2. Layanan
perpustakaan keliling
3. Layanan rujukan
4 Layanan rujukan cepat
5. Bimbingan pemakaian sumber rujukan
6. Layanan penelusuran literatur
4. 7.
Layanan audio visual
8. Layanan penyediaan bahan pustaka
9. Bimbingan membaca
10. Bimbingan pemakai perpustakaan
11. Layanan mendongeng kepada anak
12. Layanan foto copy
B. JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK PEMAKAI
A. Layanan Ruang Baca
B. Layanan Sirkulasi Bahan
Pustaka
C Layanan Referensi
D. Layanan Akses Internet
E. Layanan Penelusuran Literatur
F. Layanan Pendidikan Pemakai
G. Layanan Informasi Kilat
(Current Awareness Services)
H. Layanan Penyebaran Informasi
Terseleksi
I. Layanan Pembuatan Paket
Informasi
J. Layanan peminjaman antar
perpustakaan
K. Layanan penerjemahan
Hot Spot ini berarti menyediakan layanan
internet bebas untuk suatu lingkungan
yang terbatas.
7. Sistem
Layanan Perpustakaan Ada 2 Macam, yaitu:
1. Sistem layanan
tertutup dan,
2. Sistem layanan
terbuka
8. Beberapa
faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menerapkan sistem layanan terbuka atau
sistem layanan tertutup
A. Pertimbangan
mengenai keselamatan koleksi
B. Pertimbangan jenis
koleksi dan sifat rentan koleksi. Untuk koleksi audio visual, mikro dan koleksi
khusus biasanya diterapkan sistem layanan tertutup;
C. Perbandingan
antara jumlah staf, jumlah koleksi, dan jumlah pemakai;
D. Luas gedung
perpustakaan;
E. Perbandingan
antara jam layanan dan jumlah staf perpustakaan.
9. Kelebihan
dari sistem layanan tertutup adalah sebagai berikut:
A. Ajaran koleksi
akan lebih terjaga kerapihannya.
B. Kemungkinan
terjadinya kehilangan atau kerusakan bahan pustaka lebih kecil.
C. Ruangan yang
dibutuhkan untuk jajaran koleksi tidak terlalu luas.
D. Sangat sesuai
untuk koleksi yang rentan terhadap kerusakan atau bersifat khusus.Sedangkan
Kelemahan dari sistem layanan tertutup, antara lain sebagai berikut: A. Pemakai
hanya dapat membayangkan fisik dan isi bahan pustaka sesuai dengan keterangan
yang tercantum pada katalog;
B. Pemakai agak sulit untuk mencari alternatif
lain bila dokumen yang diperlukan ternyata tidak sesuai dengan yang dibutuhkan;
C. Diperlukan petugas layanan lebih banyak.
D. Bila petugas terbatas, sedangkan permintaan
cukup banyak maka waktu yang diperlukan pemakai untuk menunggu jadi lebih lama.
10. Kelebihan
dari sistem layanan terbuka, antara lain yaitu:
A. Pemakai bebas memilih bahan pustaka yang
dibutuhkan langsung pada jajaran koleksi. B. pemakai dapat menemukan koleksi
lain yang sesuai atau menarik minat langsung pada jajaran koleksi sehingga
dapat meningkatkan minat baca pemakai.
C. Pemakai dapat
langsung mencari alternatif lain dengan subjek yang sama pada jajaran koleksi
secara cepat
D. Tidak memerlukan
petugas yang banyak untuk melayani pengambilan koleksi.Sedangkan Kelemahan dari
sistem layanan terbuka, antara lain sebagai berikut: A. Susunan jajaran koleksi
menjadi sulit teratur;
B. Kemungkinan bahan
pustaka hilang lebih tinggi.
C. Terjadi kerusakan
koleksi.
1. Perencanaan proyek
Proses Perencanaan Proyek Pengembangan Perpustakaan Sekolah Penyusun:Sapto
Siswoyo (2015)
2. Kerangka
presentasi Memahami perencanaan. Komponen perencanaan.
3. Memahami
perencanaan Ingat pepatah berikut: gagal
membuat rencana berencana gagal. Perencanaan
memakan waktu sekitar 60%dari keseluruhan siklus proyek. Hasil akhir
perencanaan adalah bahan pembuatan proposal dukungan proyek.
4. Kegiatan
perencanaan Prosesnya mirip dengan menyusun skripsi: Mengumpulkan data-data; Menganalisa
data yang sudah terkumpul; Merumuskan
rencana kegiatan; Merekam hasil pemikiran, dalam bentuk:tulisan, gambar,
diagram dan sejenisnya
5. Siklus
rencana Digambarkan pada diagram di bawah ini:Rekam Perencanaan Analisa Data
Kumpul Data Susun Kegiatan
6. Jenis
data Data umum (sekunder) lokasi sekolah, misalnya: lokasi geografis, kependudukan,
sosial-ekonomi, kependidikan. Data khusus (primer) sekolah target, misalnya:
alamat, kontak, jumlah murid dan guru, komite sekolah, kondisi saat ini
perpustakaan.
7. Sumber
data Data umum (sekunder) dapat diperoleh dari Biro Pusat Statistik (BPS)
setempat. Data khusus (primer) sebaiknya diperoleh langsung dari sekolah
target.
8. Metode
kumpul data Data umum (sekunder) lihat dari laporan BPS, baik dari buku maupun
internet. Data khusus (primer) dikumpulkan dengan cara: survey, focus group
discussion (FGD), wawancara,
lihat laporan sekolah. FGD = diskusi kelompok dengan beberapa perwakilan dari
sekolah target (misalnya guru, komite sekolah).
9. Data
yang dibutuhkan Data umum dan khusus sekolah target. Kondisi perpustakaan
sekolah, misalnya: ketersediaan pustakawan/wati, ruangan perpustakaan, rak buku,
meja-kursi, koleksi pustaka.Para pemangku kepentingan (stakeholders), siapa
saja yang terlibat dalam proyek ini?
10. Analisa
data Analisa kebutuhan, apa saja yang masih dibutuhkan untuk pengembangan
perpus sekolah target? Analisa
stakeholders,Siapa saja yang akan terlibat langsung? Siapa saja yang terlibat
tidak langsung? Apa saja pengaruh mereka dalam pelaksanaan proyek?
11. Susun
kegiatan Pertanyaan kunci: Apa saja yang harus dikerjakan supaya tujuan proyek
tercapai? Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek? Bagian ini
dibahas lebih lanjut dalam Log Frame dan Budgeting.
12. Rekam
perencanaan Hasil dari tahap perencanaan menjadi bahan dasar penyusunan proposal. Bagian ini dibahas
lebih lanjut dalam Menyusun Proposal.
13. What next???!!! Kumpulkan data sekunder dan primerdari sekolah
target. Siap-siap dengan Login Frame
dan Budgeting.
3.1.14 Perencanaan sistem
Fase ini berjutuan untuk
menspesifikasikan secara deltail solusi yang berbsis teknolodi kompuetr
meliputi arsitektur dan konfingurangi sistem berdasarkan hasil analisis. Dalam
metelogi FAST ada dan tiga tahapan perncangan yaitu perncangan arsitektur
aplikasi, perancangan basis data, dan perancanagnan antar muka.
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa perangkat lunak utama yang
dibutuhkan untuk membangun sistem ini yaitu
Macromedia Dreamweaver 4 & XAMPP.
3.1.15 Perencanaan Arsitektur
Pada tahap ini
dilakukan penggambaran secara kerja dan keterhubungan antara basis data dan
prgeram dengan sistem melalui pengmbaran dalam bentuk arsrtektur perangkat
lunak secara keseluruhan.
3.1.16 perencanaan Database
Database merupakan suatu
tempat penyimpanan data yang diaskses secara bersama.
3.1.17 Visi Misi, Struktur dan
Pagang Menu Homepage.
a.
visi dan misi
VISI
Pelayanan Perpustakaan SMK Negeri 1 Kabupaten
Yahukimo dan Arsip Sekolah menetapkan visi sebagai berikut :
“Terciptanya Sumber Daya Manusia yang Berkualitas melalui Pelayanan
Sarana Refensi Buku yang bermutu“ dan “Menyelenggarakan sistem kearsipan
menyimpan, merawat mengolah mengusahakan perluasan koleksi arsip dinamis dan statis”.
Rumusan Visi diatas mengandung makna yaitu memiliki:
Memiliki buku
referensi yang berkualitas.
1.
Menyediakan sarana dan prasarana buku yang memadai sesuai kebutuhan Siswa.
2.
Memiliki tenaga profesional yang berkualitas.
3.
Melaksanakan pembinaan karier sesuai tuntutan pengembangan kualitas sumber
daya manusia.
4.
Memiliki tenaga – tenaga pengelola dibidang kearsipan sebagai pusat
konservasi.
MISI
Misi adalah
situasi dan kondisi yang diwujudkan dapat dilaksanakan atau dicapai pada kurun
waktu tertentu. Untuk mewujudkan Misi tersebut diatas, Perpustakaan SMK Negeri
1 Kab, Yahukimo dan Arsip Sekolah menetapkan Misi sebagai berikut :
1. Menyediakan bahan
pustaka
2. Meningkatkan pelayanan
ruang sirkulasi perpustakaan
3. Menyediakan sarana dan
prasarana buku bagi perpustakaan Sekolah
4. Menyediakan sarana dan
prasarana buku bagi Sekolah SMK
5. Membuka isolasi daerah
baru dan ditetapkan sebagai perpustakaan Sekolah
6.
Menata dan menyelamatkan dokumen kearsipan Sekolah.
4.1.18 Strukttur
Organisasi
4.5 Halaman struktur Organisai.
Halaman Visi & Misi ini juga akan
di tampilkan apabila user atau admin mengklik link halaman Visi & Misi,
maka Visi dari Perpustakaan SMK Yhukimo, akan di tampilkan
Gambar 4.1 struktur menu homepage user.
4.1.19 struktur Menu Homepage User
Pada gambar diatas di gambarkan untuk pembuatan website
sistem informasi pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Yahukimo. Pada gambar diatas di
mulai dengan penggambaran menu pertama yaitu Home.Home adalah Menu pertama yang
akan ditampilkan ketiga kita membuka halaman Web Perpustakaan SMK Negeri 1
Yahukimo, yang Berisikan tentang Silahkan Login Dengan Username & password
Anda home ditampilkan. Yang kedua adalah halaman Menu yang berisikan Transaks perpustakaan
SMK Negeri 1 Yahukimo, pada halaman selanjutnya yaitu: Transaksi dan Data Buku pada
halaman ini, agar pengunjung dapat melihat data Anggota Laporan dan serta ada
pada database. ditampil untuk mengisi
Buku tamu data atau mengedit data,diharuskan admin melakukan login
terlebih dahulu.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !