BAB I PENDAHULUAN - SKRPIS RANCANG BAUNGUN PERPUSTAKAAN BERBASIS WEBSITE DI SMK N 1 KABUPATEN YAHUKIMO
Headlines News :
Home » » BAB I PENDAHULUAN

BAB I PENDAHULUAN

Written By Unknown on Jumat, 29 Mei 2015 | 03.27




RANCANG BANGUN PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CRC
DI SMK N 1 KABUPATEN YAHUKIMO

SKRIPSI
Untuk Memenuhi salah satu Syarat guna
Memperoleh Gelar Sarjana










Oleh:

Lepanus Lokon
Nim: 11011017

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SARIPUTRA INDONESIA TOMOHON
TOMOHON
2015






BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang

 Di era Globalisasi, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat mempengaruhi pola kehidupan masyarakat pada berbagai aspek yaitu; aspek hukum, politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dll. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kebutuhan akan informasi semakin meningkat hal ini tidak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi informasi, Kemajuan teknologi informasi tersebut mempengaruhi maju mundurnya suatu organisasi, karena perannya yang sangat penting dalam proses pengelolahan atau pengembangan suatu organisai. Oleh sebab itu dibutuhkan penyediahan atau penerapan  sistem informasi yang salah satunya adalah berbasis website. Karena fungsi website  sebagai sarana yang mempunyai kemampuan  menyedia informasi, serta mendapat atau mencari informasi secara cepat, tepat dan Akurat
Perpustakaan adalah merupakan salah satu fasilitas yang disedikan  oleh sekolah sebagai pendukung dan penujang proses kegiatan belajar mengajar bagai para murid, keberadaan sebuah perpustakaan sangat membantu  untuk menambah atau meningkatkan pengetahuan dan wawsan bagi para murid disekolah. Dengan meningkatkanya fungsi perpustakaan secara maksimal maka diharapkan juga akan memberika pendidikan yang bagi para murid. Salah satu langkah yang di terapkan untuk meningkatkan  fungsi dari  perpustakaan itu sendiri adalah sistem pengolah yang cepat. Sistem informasi pengolahan data buku di perpustakaan yang dibutuhkan oleh sekolah nantinya dapat dipergunakan untuk pencarian buku, pengolahan, penyimpanan, melihat kembali dan juga untuk menyalurkan informasi itu.
Sekolah tak bisa dipisahkan dari pembelajaran siswa-siswi disekolah dalam mencari ilmu pengetahuan. Fasilitas yang disediakan sekolah ini,sangatlah bermanfaat bagi semua siswa apabila bisa memanfaatkannya secara maksimal. Koleksi buku pada perpustakaan hendaknya       selalu diperbaharui pada setiap periodenya sesuai dengan penerapan sistem pendidikan yang di terapkan oleh pemerintah. Namun, tidak semua perpustakaan menerapkan teknologi dalam proses kegiata perpustakaan seperti peminjaman buku pendaftaran anggota pencarian buku dan lain-lain
            Perpustakaan berkembang pesat dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan perkembangan pola kehidupan masyarakat, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi. Perkembangan tersebut juga membawa dampak kepada "pengelompokkan" perpustakaan berdasarkan pola-pola kehidupan, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi tadi. Istilah-istilah perpustakaan "membengkak" menjadi sangat luas namun cenderung mempunyai sebuah spesifikasi tertentu.
Hal ini membuat kegiatan perpustakaan dilakukan secara manual atau menggunakan pembukuan.Dewasa ini perkembangan Teknologi Informasi mulai mendapat sambutan positif dari masyarakat. Perkembangannya tidak hanya disambut dan dinikmati oleh kalangan bisnis maupun pemerintah saja, tetapi juga mulai menambah dalam dunia pendidikan karena ketersediaan informasi yang terintegrasi makin penting dalam mendukung upaya menciptakan generasi penerus bangsa yang kompetitif. SMK Negeri 1 Yahukimo merupakan satu satunya sekolah yang memiliki focus pendidikan pada dunia SMK Negeri 1 Kabupaten Yahukimo,
Pada saat ini perpustakaan SMK Negeri 1 Yahukimo seluruh data mengenai proses pengolahan data administerasi perpustakaan belum memiliki suatu rancang bangun menajemen yang baik. Semua hal dari pendataan peminjaman atau pengembalian buku sehingga pembuatan laporan adminisreasi perpustakaan masih dilakukan secara manual oleh bagian keuangan. Hal tersebut sering mengakibatkan hasil yang kurang teliti dan memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu penulis mencoba mengambil tema dalam Tugas Akhir ini dengan judul: Rancang Bangun perpustakaan berbasis web dengan menggunakan algoritma crc di smk negeri 1 kabupaten yahukimo
1.2.        Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang maka dapat disimpulkan masalah dalam penelitian ini adalah:  
Bagaimana rancang bangun perpustakaan SMK N 1 Kabupaten Yahukimo menjadi lebih mudah dalam menentukan secara tepat.
 1.3.     Batasan Masalah
Penelitian ini dibatasi pada rancang bangun perpustakaan Berbasis Web dengan menggunakan crc Di SMK negeri 1 Kabupaten Yahukimo.
1.4.      Tujuan Penelitian
         Tujuan dari penyusunan Tugas Akhir ini adalah:
Untuk menyusun sebuah rancang bangun perpustakaan berbasis web
secara sistematis, terstruktur, dan terarah sehingga dapat digunakan oleh SMK Negeri 1 Kabupaten  Yahukimo untuk mengatasi kelemahan sistem manual yang digunakan pada saat ini..
1.5.      Manfaat penelitian
             Manfaat dari pembuatan program atau software ini adalah:
1.     Bagi Pihak Sekolah Dengan adanya pembuatan program ini dapat meningkatkan kualitas dan mempermudah dalam pengolahan data siswa dan perpustakaan dengan cepat, tepat, dan akurat. Disamping itu juga dapat meningkatkan pelayanan pada siswa siswi.
2.    Bagi Penulis
3.    Pembuatan ini sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam   penerapan teori-teori yang sudah diperoleh di bangkukuliah.
4.      Bagi Pengembang selanjutnya Pembuatan ini diharapkan dapat digunakan sebagai  bahan bagi Pembuatan selanjutnya yang berkaitan dengan pembuatan program khususnya Pembuatan mengenai administrasi sekolah khususnya perpustakaan pada sekolah-sekolah yang lain.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Comments
Comments